BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dalam era
persaingan bebas dewasa ini, sangat diharapkan peranan dunia pendidikan
mendukung segala aspek yang diperlukan untuk memberikan sumbangan pemikiran dan
karya nyata dalam membangun bangsa dan negara. Dalam hal ini dunia kerja
menuntut untuk mendapatkan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif dalam
persaingan dunia usaha. Untuk itu sangat diperlukan tenaga kerja yang memiliki
keahlian professional yang tinggi untuk menghadapi perkembangan dan persaingan global
baik masa kini maupun masa mendatang.
Pelaksanaan
praktik kerja lapangan (PKL) ini merupakan salah satu model untuk mendekatkan
keterkaitan dan kesepadanan (link and match)
antara pengetahuan di perkuliahan dengan kebutuhan lapangan pekerjaan. Kuliah
kerja praktek merupakan alternatif
dalam
menerapkan kurikulum nasional.
Sebagai
mata kuliah yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan professional Praktek Kerja Lapangan
(PKL) merupakan mata kuliah yang
menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Manajemen
Informatika
secara langsung di lapangan. Kerja praktek dilaksanakan dengan cara magang
kerja di suatu lembaga atau instansi terkait yang bergerak di bidang sesuai
konsentrasi studi yang dipilih.
CV. Retina Desain and Printing sebagai salah satu instansi atau lembaga yang
bergerak dalam bidang percetakan yang berada
di Bandar Lampung. Retina Desain and Printing dipandang sebagai tempat kerja
praktek
relevan bagi mahasiswa jurusan Manajemen Informatika Yayasan Dian Cipta
Cendikia (DCC). Pada
kerja praktek
ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami secara umum kegiatan yang ada di perusahaan dan mendapatkan pengalaman kerja serta mampu
memberikan ide atau gagasan baru berdasarkan kondisi di lapangan sesuai dengan
bidang ilmu yang dipelajari.
1.2
Tujuan Dan Manfaat
1.2.1
Tujuan
Tujuan Pelaksanaan
Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah :
1. Sebagai salah satu
syarat untuk menyelesaikan Diploma Tiga (D III) Manajemen Informatika.
2.
Melatih
mahasiswa agar
terampil dalam bekerja sekaligus mempraktekkan ilmu pengetahuan yang diperoleh
selama dibangku kuliah.
3.
Agar
mahasiswa dapat
belajar dengan melihat, menganilisis dan menyimpulkan apa yang telah dilakukan
oleh Instansi tempat PKL yang berhubungan dengan komputer.
4.
Agar
mahasiswa dapat
berfikir, bersikap, dan berperilaku dewasa dalam menghadapi kenyataan kehidupan
ditengah-tengah masyarakat.
5.
Memberikan
pengalaman dan keterampilan mahasiswa sebagai kader pembangunan khususnya
dibidang komputer.
6.
Sebagai
wujud nyata konstribusi kepedulian AMIK Dian Cipta Cendikia (DCC) Lampung terhadap masyarakat, khususnya di lingkungan
dunia usaha.
1.2.1
Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari kegiatan dan pelaksanaan kerja praktek
ini terutama bagi mahasiswa dan untuk instansi atau lembaga yang menerima
mahasiswa untuk kerja praktek.
1)
Mahasiswa dapat menyajikan pengalaman-pengalaman dan
data-data yang diperoleh selama kerja praktek ke
dalam sebuah Laporan Kerja Praktek.
2)
Mahasiswa dapat mengembangkan dan
mengaplikasikan pengalaman di kerja
lapangan untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan Tugas Akhir.
3)
Mahasiswa dapat mengenalkan dan membiasakan diri terhadap
suasana kerja sebenarnya sehingga dapat membangun etos kerja yang baik, serta
sebagai upaya untuk memperluas cakrawala wawasan kerja.
4)
Mahasiswa mendapat gambaran tentang kondisi real dunia
kerja dan memiliki pengalaman terlibat langsung dalam aktivitas industri.
1.3
Ruang Lingkup
Mengingat
banyaknya kegiatan yang dilakukan pada saat
Praktek Kerja Lapangan (PKL) maka
penulis membahas mengenai tentang
mengoperasikan mesin oliver 5.2.
1.4
Metode
Pengumpulan Data
Untuk
menyempurnakan data-data yang dibutuhkan dalam penyusunan laporan ini,maka
penulis melakukan metode pengumpulan data melalui 2(dua) cara yaitu :
a. Secara langsung atau Metode Observasi
Yang
dimaksud dengan pengumpulan data secara langsung adalah penulis melakukan pengumpulan
data dengan cara observasi secara langsung diinstansi dengan menggunakan teknik
wawancara kepada staf atau karyawan
yang berwenang atau mengetahui informasi yang kami
butuhkan.
b. Secara tidak langsung atau Study Kepustakaan
Yang
dimaksud dengan metode pengumpulan data tidak langsung adalah kami selaku
penulis berpedoman pada buku-buku atau referensi yang berkaitan dan berhubungan
langsung dengan materi yang diangkat atau isi laporan saya.Referensi yang di
ambil bukan dari sembarang buku atau kutipan tertentu tetapi referensi yang di ambil harus akurat
dari data yang jelas dan dapat di percaya sehingga dapat menghasilkan suatu
informasi yang benar-benar dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya.
1.5
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan adalah berisi
uraian singkat setiap bab, mulai dari BAB I hingga ke- BAB IV, dimana uraian ini memberikan gambaran
secara langsung tentang isi dari tiap-tiap bab yang ada dalam laporan ini.Adapun
sistematika dari laporan kami adalah sebagi berikut :
BAB
I PENDAHULUAN
Dalam bab ini,
berisikan pendahuluan yang terdiri dari Latar Belakang, Tujuan dan Manfaat ,
Ruang Lingkup, Metode Pengumpulan Data
dan Sistematika Penulisan.
BAB II TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam bab
ini, berisikan tentang keadaan kantor CV.Retina desain and printing Bandar Lampung, yang
meliputi sejarah
umum perusahaan, Struktur
Organisasi , Tata Kerja Organisasi , Disiplin Kerja , Sarana dan Prasarana Kerja dan
Kepegawaian.
BAB
III PEMBAHASAN
Dalam bab
ini , berisikan mengenai kegiatan, mencetak dengan masin oliver 5.2.
BAB
IV PENUTUP
Dalam
Bab ini , berisikan hasil kesimpulan dari laporan dan juga berisikan
saran-saran.
BAB II
TINJAUAN
UMUM ORGANISASI
2.1
Sejarah Singkat Organisasi
Pada tahun 1998 nama CV. Retina lebih
dikenal dengan nama CV. Retina Visual Komunika. Hal ini didasarkan pada kondisi
perusahaan yang lebih terfokus pada bidang visual, seperti video
shooting, editing iklan, editing proses-proses acara tertentu, dan pembuatan
company profile.
Tetapi seiring perkembangan akan
kebutuhan mesin cetak khususnya di Bandar Lampung, pemilik CV. Retina Visual
Komunika, yaitu Bpk. Yusnadi, melebarkan usaha wiraswastanya ini ke dunia
percetakan pada akhir tahun 2005.
Nama percetakan ini lebih di kenal
sebagai percetakan Retina, yang beralamat di JL. Rambutan No. 1 Pasir Gintung, Bandar Lampung. CV. Retina Visual Komunika
Bandar Lampung membuka cabang baru yang terbagi di empat tempat atau cabang
antara lain :
a.
CV. Retina Visual Komunika Bandar
Lampung cabang Tanjung Karang terletak
di JL.
Rambutan No. 1 Pasir Gintung Bandar Lampung,
Telp. 0721-263953.
b.
CV. Retina Visual Komunika Bandar
Lampung cabang Kedaton, terletak di jalan Danau Maninjau no.17 Kedaton Bandar
lampung, telp./Fax : 0721-783891
c.
CV. Retina Visual Komunika Bandar
Lampung cabang Teuku Umar, terletak di JL. Teuku Umar kedaton Bandar Lampung.
Merupakan cabang ketiga dari CV. Retina Visual Komunika Bandar Lampung, Telp.
0721-7476189
d.
CV. Retina Visual Komunika Bandar
Lampung cabang Rajabasa, terletak di JL.
Z. A. Pagar Alam Bandar lampung, telp. 0721-701202
2.2
Struktur Organisasi
Pengorganisasian
(Organizing) adalah proses pengaturan
sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan
memperhatikan lingkungan yang ada.Struktur Organisasi adalah susunan dan
hubungan-hubungan antar komponen bagian-bagian dan posisi-posisi dalam suatu
perusahaan. Berikut Struktur Organisasi pada
Retina Desain And Printing Bandar Lampung :
MANAJER PRODUKSI
|
OPERATOR CETAK
|
Operator
|
Operator 3
|
Operator 4
|
Finishing 1
|
Finishing 2
|
Finishing 3
|
Finishing 4
|
KEUANGAN
|
KEPALA SEKSI DESIGN
|
Design 1
|
Design 2
|
Adm 4
|
Adm 3
|
Adm 2
|
Adm 1
|
Design 3
|
PIMPINAN
|
Gambar
1. Struktur Organisasi Retina Desain and Printing
2.3
Tata Kerja Organisasi
2.3.1
Disiplin Kerja
Sistem kedisiplinan yang di terapkan oleh
Retina Desain and Printing Bandar Lampung
adalah sebagai berikut :
1.
Jam
Kerja
Hari
Senin sampai dengan jumat Jam Kerja : 08.30
– 17.00
Istirahat : 12.00 – 13.00
Hari
Sabtu Jam
Kerja : 08.30 – 16.00
Istirahat
: 11.30 – 13.30
2.
Setiap
karyawan wajib mengisi absensi harian , baik karyawan tetap maupun karyawan
kontrak.
3.
Setiap
karyawan / karyawati wajib menaati peraturan peraturan yang berlaku di Retina
desain and printing Bandar Lampung .
4.
Apabila
ingin meninggalkan kantor pada jam kerja harus memiliki izin keluar dari
pimpinan.
5.
Setiap
karyawan harus berperilaku baik dan sopan terhadap karyawan lainnya.
6.
Apabila
ada karyawan yang tidak masuk kerja maka harus menghubungi atasan secara
langsung atau menitikan surat keterangan sakit dari dokter.
2.3.2
Sarana Dan Prasarana Kerja
Sarana dan prasarana yang ada di kantor Retina Desain and Printing Bandar Lampung
sudah cukup mendukung dan memenuhi kebutuhan operasional kantor. Berikut adalah sarana dan prasarana yang di
gunakan pada Retina desain and
printing
:
Tabel 1. Perlengkapan dan peralatan kantor
No
|
Nama
Barang
|
Jumlah
|
No
|
Nama
Barang
|
Jumlah
|
1
|
Mobil
|
1
|
8
|
TV
|
1
|
2
|
Computer
|
5
|
9
|
Telepone
|
4
|
3
|
Meja
|
9
|
10
|
Mesin
Fax
|
1
|
4
|
Lemari
|
4
|
11
|
Ac
|
4
|
5
|
Motor
|
3
|
12
|
Papan
tulis
|
3
|
6
|
Kursi
|
15
|
13
|
Safety
Box
|
1
|
7
|
Printer
|
5
|
14
|
Dispenser
|
2
|
2.3.3 Data Kepegawaian
Jumlah
karyawan Retina desain and
printing
Bandar Lampung sebanyak 13
orang yang terdiri dari :
Tabel 2. Tabel Data Pegawai
No
|
Nama
|
Jabatan
|
1
|
Yusnadi , ST
|
Direktur
|
2
|
Anug Rama Gustiar
|
Manager
|
3
|
Yuliana sari
|
Staff
Administrasi
|
4
|
Fatma wati
|
Staff Administrasi
|
5
|
Virgo Dwi Aanggoro
|
Setting / Desain
|
6
|
Yuliana Irtami
|
Setting / Desain
|
7
|
Turiah
|
Setting / Desain
|
8
|
Agus sudarsono
|
Operator cetak
|
9
|
Ahmad zaelani
|
Operator cetak
|
10
|
M. Iqbal
|
Finishing
|
11
|
Hadi
|
Finishing
|
12
|
Dian dicky z
|
Finishing
|
13
|
Ujang efendi
|
Finishing
|
2.3.4
Uraian Tugas
2.3.4.1.
Direktur
Tugas Dan Wewenang :
1.
Bertugas
memantau kinerja karyawan di alam perusahaan maupun di lapangan dan berhak
menegur bagian-bagian administrasi bila dalam pembuatan laporan harian terdapat
kesalahan dalam pembuatan laporannya.
2.
Memberi
saran dan dapat menyelesaikan masalah administrasi keuangan.
2.3.4.2. Manager
Tugas
Dan wewenang :
1.
Bertanggung
jawab penuh atas pencapaian target selling cabang setiap bulan .
2.
Mengoptimalkan
kinerja agar dapat mencapai target yang telah di
tentukan oleh manager area .
3.
Membuat
budget bulanan untuk operasional .
2.3.4.3. Staff Administrasi
1.
Mengatur
semua keperluan operasional Cabang
2.
Membuat
expences claim bukti-bukti penggunaan uang baik untuk operasional staff maupun
operasional manager .
3.
Membuat
komisi karyawan,
dan Flash Report setiap bulan.
4.
Membantu
Branch Controller dan Branch Bussiness Manager dalam proses permintaan dana dan
pelaporan penggunaan dana kepada head
officer.
5.
Membantu
Order Processor dalam proses delivery
barang.
6.
Menginput
seluruh transaksi yang telah di setorkan baik transaksi collection, service,
dan delivery.
2.3.4.4
Setting / Desain
Bertugas membuat dasar atau master desain pesanan suatu produk seperti
undangan , banner , kalender,yasin dll.
2.3.4.5.
Operator
Cetak
Bertugas mencetak yang telah di desain oleh bagian setting , dan
bertanggung jawab atas semua cetakan yang di kerjakan .
2.3.4.6. Finishing
Bertugas mengerjakan hasil akhir dari pekerjaan awal
seperti desain dan cetak .
Di bagian ini
tanggung jawab cukup besar karna pekerjaan ini ialah hasil akhir.dari
proses-proses lainnya.
BAB III
HASIL DAN
PEMBAHASAN
3.1 Hasil
Pada kerja praktek ini, yang dapat saya hasilkan dari kegiatan yang ada di
perusahaan Retina Desain and Printing yaitu:
A. Konsep Dasar
Mengonsep / membuat pemikiran untuk
desain.
B. Seting / Desain
Proses ini
harus ada pemeriksaan secara detail. Baik isi konsep atau warna yang akan di
cetak , agar tidak ada kesalahan sebelum menjadi film.
C. Master Film
Proses ini mengubah setting atau desain
dari lembaran kertas
menjadi lembaran film.
D. Monting /
Plat
Langkah ini mengubah bentuk film ke
dalam lembaran plate .
E. Proses Cetak Atau Separasi
Langkah ini adalah langkah akhir dari sebuah konsep
dasar.
3.2
Pembahasan
3.2.1 Langkah-Langkah Mengoperasikan Mesin Oliver 52
A.
Konsep
Mengonsep / membuat pemikiran untuk
desain, yaitu langkah awal dari
sebuah proses pengerjaan, dimana dalam proses ini sangat menentukan hasil dari
proses pengerjaan.
B.
Seting / Desain
Proses ini adalah langkah kedua dari konsep dasar, dimana dalam
proses ini semua ide dan pemikiran dituangkan, akan tetapi dalam proses ini pun
harus ada pemeriksaan baik isi konsep atau warna yang akan di
cetak , agar tidak ada kesalahan.
Gambar
2. Contoh Undangan
C.
Master
Film
Proses ini yaitu proses mengubah dari setting atau desain dari lembaran kertas menjadi lembaran film, dimana dalam proses ini adalah proses yang sedikit
rumit karena apabila ada kesalahan dalam perubahan seperti pada ukuran dan
warna , maka harus mengulang kembali ke proses setting.
Gambar
3. Mesin Film
D.
Monting / Plate
Langkah ini mengubah bentuk film ke
dalam lembaran plate
atau negative mesin SL750 Plate Processing Mechine, setelah menjadi lembaran
plate, plate tersebut
di cuci dengan menggunakan cairan,
Gambar
4. Mesin Plat
Kemudian di lapisi dengan Power Gum
(untuk melindungi plate, supaya tidak oxidasi pada waktu mesin berhenti).
E.
Proses Cetak Atau Separasi
Berikut ini adalah langkah untuk
menyiapkan mesin, agar siap cetak diantaranya :
a.
Mesin di hidupkan dalan posisi netral ±
5-10 menit
Gambar
5. Mesin Cetak
b.
Pemasangan plate pada mesin slinder
Gambar
6. Mesin Silinder
c.
Masukan bahan yang akan di cetak
sesuaikan ukuran kertas max ukuran 52x36 Cm dan bisa juga menggunaka kertas
ukuran folio
Gambar
7. Mesin Silinder
d.
Masukan
tinta sesuai warna yang akan di cetak.
Gambar 8. Proses Pemasukan Tinta
Proses pencetakan antara lain :
1.
Untuk
menyesuaikan warna coba cetak 5-10 lembar cetakan terlebih dahulu
2.
Jika sudah sesuai dengan warna yang di
inginkan, kemudian cetak sisa kertas yang akan di
cetak (dalam proses cetak insert separasi standarnya 100 kertas dan bw 30-50
kertas).
Hasil cetak di tambah 10% dari jumlah
yang akan di cetak, karena dalam proses mencetak pasti selalu ada yang rusak
atau kotor. Jika cetakan lebih dapat di gunakan atau di pakai sedangkan kalau ukurannya hanya di bawah 20 lembar
tidak dapat di cetak karena tidak sesuai dengan hitungan ongkos .
BAB IV
KESIMPULAN
DAN SARAN
4.1 Kesimpulan
Setelah penulis menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan (PKL), dan menyusun
laporan Pkl
yang di laksanakan di CV. Retina Desain and Printing maka dapat di
simpulkan dari laporan ini
adalah:
1.
Dengan
adanya kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL), peserta mendapat pengalaman langsung dari dunia
industri dan dapat di jadikan sebagai motifasi untuk menghadapi dunia industri
kelak nantinya setelah lulus.
2.
Adanya struktur perorganisasian peserta dapat mengtetahui
ruang lingkup yang ada pada Retina Desain and Printing.
3.
Laporan
ini diharapkan dapat mempermudah bagi pembaca dalam mengoperasikan mesin oliver
5.2.
4.2 Saran
Selama
melakukan praktek kerja lapangan dan pengamatan di Retina
Desain and Printing,
penulis merasa terdapat beberapa kekurangan dan kelebihan pada berbagai pihak ,
maka penulis menyarankan agar :
1.
Dapat meningkatkan profesionalitas sebagai perserta didik
Praktek Kerja Lapangan, agar mendapatkan hasil yang maksimal.
2.
Agar
dapat lebih meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab kepada para karyawan Retina
Desain and Printing dalam
menjalankan pekerjaannya masing-masing.
3.
Dapat lebih menjaga kualitas kampus, dengan memberikan
bimbingan atau pelajaran terhadap peserta didik agar dapat mencapai hasil yang
maksimal.
DAFTAR PUSTAKA
http://retinaprint.blogspot.com/
diakses pada hari kamis tanggal 16 Januari 2013 pada pukul 19.00
0 komentar:
Posting Komentar